Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Benar



Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Benar - Dengan kondisi saat ini, menggunakan tabir surya sama pentingnya dengan menggunakan masker penutup hidung saat kita hendak keluar rumah. Paparan sinar UV dan polusi udara merupakan dua hal yang setiap hari kita hadapi. Hal ini pula yang bisa menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko terhadap kanker kulit. Untuk mencegahnya, salah satu solusinya adalah menggunakan tabir surya setiap hari terutama ketika Anda hendak keluar rumah. Lantas, bagaimana cara menggunakan tabir surya yang benar?
Bagamana Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Benar? Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat hendak menggunakan tabir surya adalah cari tabir surya dengan broad spectrum protection yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA & UVB. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, cari tabir surya khusus dengan kandungan titanium oxide atau zinc oxide karena kandungan tidak menutupi pori-pori kulit sehingga tidak memperparah jerawat.

Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Benar



berikut di bawah ini adalah Cara Menggunakan Tabir Surya Yang benar :

1. Oleskan 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari
Pakailah tabir surya 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan tabir surya butuh waktu untuk meresap ke dalam kulit. Karena itu oleskan tabir surya paling tidak 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari, termasuk sebelum mencebur ke dalam kolam renang. Dan aplikasikan pada kulit yang bersih agar tabir surya bisa meresap sempurna ke dalam kulit anda.
2. Oleskan pelembab
Untuk aktivitas sehari – hari, sebelum memakai tabir surya, oleskan pelembab lebih dahulu. Tunggu 10 – 20 menit baru memakai tabir surya. Tunggu 20 – 30 menit lagi baru memakai bedak. Tetapi kalau tabir surya anda sudah mengandung pelembab, tentunya tidak perlu menggunakan pelembab lagi.
3. Harus diulang
Pemakaian tabir surya tidak bisa hanya sekali dioleskan, apalagi kalau anda diharuskan beraktivitas di luar rumah atau di udara terbuka seharian. Caranya, keringkan keringat, basuh wajah bila perlu, keringkan lagi, kemudian oleskan tabir surya. Tunggu 20 – 30 menit, baru beraktivitas kembali.
4. Harus merata
Memakai tabir surya harus merata, mulai wajah, leher, tengkuk, telinga dan sekeliling mata. Jangan takut mengoleskan tabir surya di sekeliling mata, asal anda berhati – hati jangan sampai melewati garis mata. Diamkan dulu sampai kering. Hindari mengucek – ucek mata karena bisa menyebabkan tabir surya masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Jangan lupa juga mengoleskan ke lengan dan tungkai bila pakaian kita tidak menutupinya.
5. Jangan terlalu sedikit
Biasanya orang mengoleskan terlalu sedikit tabir surya. Padahal terlalu sedikit mengoleskannya menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Untuk 1 sentimeter kulit diperlukan 2 miligram tabir surya. Bila tabir surya yang dioleskan hanya sedikit dari seharusnya, maka nilai SPF nya akan turun. Bila ingin mengoleskan tabir surya lebih tipis, sebaiknya gunakan yang SPF nya lebih besar, misalnya 50.