Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit




Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada KulitKita sering mendengar kata PENUAAN DINI, apa sebenarnya faktor yang menyebabkan terjadinya Penuaan Dini, mari kita simak bersama FAKTOR APA sebenarnya yang menyebabkan PENUAAN DINI, Penuaan dini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. 

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Internal sebagai berikut :

1. Faktor internal itu seperti keturunan, kesehatan dan daya tahan tubuh. faktor internal ini merupakan proses alamiah yang tidak mungkin dihindari dan biasanya hal ini dapat juga dipicu oleh stres yang berlebihan, perubahan hormonal dan faktor ini hanya dapat dikurangi dampaknya dengan cara perawatan wajah yang tepat, mengurangi stres dan mencoba hidup santai.

Faktor Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Eksternal sebagai berikut

2. Faktor eksternal ini disebabkan oleh radikal bebas, sinar matahari, kelembapan udara.

Radikal bebas disebabkan oleh oleh molekul yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk jaringan kalogen. Radikal bebas ini disebabkan oleh polusi lingkungan, paparan sinar matahari, pemakaian air yang tercampur bahan kimia, pemakaian kosmetik yang mengandung zat berbahaya seperti mercury, perubahan cuaca dan faktor lain yang mengganggu pertumbuhan kalogen secara nirmal. Pencegahan terhadap radikal bebas dapat dilakukan dengan mengatur pola makan,mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayuran karena gizi yang baik, struktur sel akan membaik hingga proses penuaan dini dapat diperlambat.

Berikutnya adalah sinar matahari, untuk menghindari pengaruh buruk sinar matahari, cobalah untuk menghindari saat sinar matahari memancarkan sinar ultra violet di titik kulminasi dan selalu gunakan tabir surya pada wajah dan bagian tubuh yang terbuka apabila ke luar ruangan.

Kelembaban udara yang tinggi dan tidak stabil seperti di daerah tropis juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini apabila kulit tidak dilindungi dengan baik. Salah satu cara melindungi kelembaban kulit adalah dengan mengenakan pelembab untuk tubuh dan dan tabir surya untuk wajah agar dapat mempertahankan kadar air dalam kulit.