Siapakah Manusia Sesungguhnya?



Sai Baba, seorang tokoh spiritual mengatakan bahwa "manusia adalah tuhan yang sedang belajar menjadi tuhan"... sementara Yesus di injil mengatakan "kamu adalah allah"...
Pernyataan kontroversial semacam itu yg membuat Yesus disebut menghujat Allah oleh para pemuka yahudi... dan kisah serupa juga terjadi pd diri Syeh Siti Jenar dg ajaran "manunggaling kawulo kalawan gusti".

Apakah pernyataan2 di atas salah?
... yg pasti sulit dipahami... namun bila bisa melihat dr sudut pandang lain bisa mjd gambaran yg lebih jelas.

Dlm spiritual jawa dikenal "sedulur papat kalimo pancer" dan uraian ini bila dikaitkan dg pengetahuan ttg cakra2 tubuh maka akan didapati pengetahuan ttg 7 cakra utama dlm tubuh fisik manusia ditambah 5 cakra utama di luar tubuh fisiknya. 5 cakra itulah yg disebut "sedulur papat kalimo pancer".... lalu yg disebut pancer itu adalah cakra pusat alam semesta kita.

Ini artinya sebenarnya setiap tubuh manusia adalah bagian dr jelujur2 keberadaan Sang Prima Causa.

Dasar utk menyadari rangkaian keterhubungan itu dimulai dg aktifnya cakra jantung, dimana wawasan akan terbuka lebar2 dan manusia mjd makin bijaksana dlm mengelola hidupnya krn ia mengembangkan karakter dasar kehidupan yakni cinta kasih...cinta kasih akan membawa manusia hidup saling menghargai dan menghormati shg tanpa perlu merasa terpaksa ia memberikan hidupnya dg sukacita berbagi bersama dg setiap orang dan setiap makluk.
Saat seseorang mencintai kekasih hantinya, ia akan mau mengerjakan hal yg tersulit sekalipun demi kebahagiaan kekasih hatinya dan ia bahagia saat kekasih hatinya itu bahagia krn pelayanan yg diberikannya. Bila ada kesalahan pd kekasih hatinya dg ikhlas dan sadar ia memaafkan... dan demikian terjadi timbal balik.

Oleh krn itu mjd jelas mengapa Yesus mengajarkan ttg hukum cinta kasih sbg mana dibeberkan di dalam Injil. Itu hanyalah dasar utk memahami makna "kamu adalah allah"
Dg berkembangnya keaktivan cakra jantung, shg manusia mjd bijaksana ia akan memperluas cakrawala wawasannya krn sikap itu memungkinannya utk bisa bergaul dan belajar dg orang lain yg mungkin pola pikirnya berbeda dg yg selama ini dipahaminya, krn ia mampu menghormati setiap perbedaan dan mampu menerima hal2 baik dr yg selama ini dianggapnya berbeda.

Berkembangnya keaktivan cakra jatung dan perluasannya akan mendorong berkembangnya keaktivan cakra tenggorokan, cakra kemampuan tutur kata, dg demikian ia banyak bertutur kata dg baik dan dg demikian bisa berkomunikasi dg lebih banyak orang yg dg cara itu ia makin banyak bisa belajar. Berikutnya ke cakra ajna (mata ke3) ... vision... dan disusul cakra mahkota spt digambarkan dg halo pd santo-santa. Cakra mahkota ini adalah pintu gerbang utk bisa berkomunikasi dg cakra2 di luar tubuh fisik manusia, berjenjang sampai akhirnya mampu terhubung dg cakra pusat alam semesta.

Maaf uraian di atas tentunya sangatlah singkat sekali dan ada banyak hal detil yg lebih memperjelasnya. Secara ajaran gerejawi yg kita kenal sekarang hal2 di atas tdk ada rujukan, namun jika membongkar dokumen2 gereja seputar gnosisme, itu ada...krn gnosisme tak lepas dr spiritualitas kuno spt di mesir kuno dan timur tengah pd umumnya. ada merkaba, kabala, bintang daud yg menggambarkan keterhubungan antara tubuh fisik manusia dg cakra2 di luar tubuh fisik itu.

bila ada waktu silahkan klik: http://www.crystalinks.com/11.11.html di situ ada gambar2 dan uraian2 ttg simbol2 spt dijelaskan di atas. simbol2 itu menunjukkan cakra2 dg cara lain dan sudut pandang lain serta jumlah titik2 cakra yg mungkin berbeda krn setiap budaya spiritual memiliki cara pandang yg sedikit banyak berbeda. Oleh krn itu spt diuraikan di atas hanya dg mampu menghargai perbedaan itu bisa melihat alur benang merahnya ...
uraian di web itu juga mengulas ttg dna... yg terkait dg kundalini...dan akan nyambung dg dongeng2 alien itu...

hehe.. rumit ya... so bisa dibayangkan betapa sulitnya menjelaskan semua ini pd manusia kan?
Dunia ini diciptakan melalui suatu sistem dan sistem itu bisa dianalisa utk dirunut pola2nya yg pasti beraturan. krn saking rumitnya sering kali lalu dikatakan tdk mungkin diketahui... tapi di injil ada kok yg mengatakan bhw semua misteri itu bisa diurai...hanya tdk pernah dipahami/ditafsirkan spt itu saja.

At the end, bila manusia tingkat kesadarannya meningkat dan memahaminya pola sistemnya, ia adalah rekan kerja atau kepanjangan atau tangan Allah sendiri utk meneruskan penciptaan dunia.

Maaf, ini sifatnya sharing pengetahuan yg aku ketahui...dan selalu terbuka diskusi utk menggali lebih lanjut....masih banyak hal yg menarik dan semakin menarik utk dipelajari...dan memahaminya baru tahapan pijakan utk masuk ke tahapan berikutnya... yakni mencipta...spt yg dinyatakan dlm iman kristianitas... menyatu dg Allah Bapa... yg mestinya gak hanya nganggur ongkang2 kaki... hehe...